Bisnis Info Bisnis

5 Sektor Bisnis Potensial Tahun 2018 di Indonesia

Mahirbisnis.id – 5 Sektor Bisnis Potensial Tahun 2018 di Indonesia. Memasuki tahun 2018 tentu kita harus menatapnya dengan optimis, karena tahun ini merupakan tahun terbaik untuk memaksimalkan bisnis.

Kita ketahui saat ini penetrasi internet sudah memasuki semua lini, sehingga banyak pebisnis yang bertransformasi ke digital ada pula yang memulai bisnis dengan memanfaatkan digital marketing.

Jika kamu berencana untuk membuka usaha di tahun ini, disamping kamu harus menentukan bidang usaha yang akan kamu jalankan beserta legalitasnya, kamu juga harus mencari informasi sektor bisnis apa yang potensial di tahun 2018.

BACA JUGA : Peluang Bisnis Jasa Foto Produk Yang Menguntungkan

Tentunya kalau kamu mau memilih jenis usaha apa, pastikan dulu kamu harus memulainya usaha dengan berbasis kepada konsumen atau manusianya. Usaha berbasis kepada konsumen ialah produk atau jasa yang akan dibeli berulang-ulang (repeat order) yang tinggi. Contoh seperti produk-produk milik Indofood dan Unilever, mereka memiliki banyak produk yang selalu dikonsumsi berulang-ulang.

Sektor Bisnis 2018
Sektor Bisnis 2018

Oke itu tadi hanya sebagai prolog saja yan sebelum kamu memulai bisnis. Nah Berikut sektor bisnis potensial tahun 2018 di Indonesia :

  1. Sektor Pariwisata

Menurut data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2016, pembelian terbesar melalui online adalah tiket, lebih dari 33 juta pembeli. Ini artinya liburan atau wisata sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Ternyata akhir-akhir ini kita butuh yang namanya liburan atau refreshing untuk menghilangkan penat dan stress dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Dan peluang inilah yang bisa kita ambil, karena bisnis travel agent atau penjualan tiket wisata sangat diminati dan permintaannya selalu berulang-ulang dan tidak pernah akan berhenti selama orang-orang selalu berkutit dengan rutinitas sehari-hari.

  1. Sektor Kesehatan

Mungkin peryataan ini ada benarnya ya “orang akan bekerja berjam-jam tanpa mempedulikan kesehatannya demi uang tetapi orang akan menghabiskan seluruh uangnya agar dia dapat kembali sehat”. Itulah betapa pentingnya kesehatan bagi diri kita, sehingga banyak orang yang rela sampai menjual asetnya demi kesembuhan.

Tentunya ini juga menjadi sektor bisnis yang menguntungkan, selain itu mempunyai sisi positifnya kita bisa membantu orang-orang yang memiliki penyakit dan ingin kesembuhan.

Sektor kesehatan juga bisnis yang berbasis kepada konsumen, mereka akan memerlukan rumah sakit, klinik, dan juga obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit.

Memang kalau untuk memulai usaha rumah sakit tentu memerlukan dana yang banyak, tapi kalau kamu memiliki keterbatasan dana, cobalah dulu mulai dengan yang kecil seperti menjual obat herbal atau suplemen tentunya dengan catatan harus legal ya dan ada iziz BPOM.

  1. Sektor Pendidikan

Sekolah selalu menjadi nomor satu di era serba teknologi, apalagi orang tua zaman sekarang rela menghabiskan uangnya demi pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Mereka menyadari dengan memiliki pendidikan yang baik anak-anaknya akan bersaing di tahun-tahun mendatang.

Bisnis di sektor penidikan juga sangat bagus sekali, sekarang saja sudah banyak usaha di bidang pendidikan bermunculan. Dengan mengedepankan kualitas pendidikan terbaik mulai dari balita sampai universitas yang akan menjadi perangsang bisnis agar orang tua berminat untuk memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah dengan sistem pendidikan terbaik. Jadi tidak harus keluar negeri untuk mendapatkan pendidikan terbaik.

Sektor bisnis pendidikan akan menjadi pilihan yang bagus untuk usaha, tapi tentunya dengan modal yang tidak sedikit ya.

  1. Sektor Agricultural

Usaha yang berbasis pada pertanian dan ruang lingkupnya tentu memiliki potensi bisnis yang baik. Selain itu sektor usaha ini masih memiliki pesaing yang lebih sedikit dibanding sektor mainstream lainnya. Selain itu kamu juga akan menjadi penyokong perekonomian daerah kamu.

Kamu pasti sudah banyak mendengar bahwa para petani cenderung menjual hasil pertaniannya kepada tengkulak, akibatnya seringkali mereka merugi.

Dengan teknologi digital marketing yang sudah memasuki hampir keseluruh pelosok Indonesia tentunya kamu bisa memanfaatkan teknologi tersebut.

Kamu bisa kreatif dan menjadi pembeda, kamu bisa memulainya dengan membantu para petani langsung menjual kepada konsumennya. Caranya bagaimana? Yaitu dengan memanfaatkan internet, kamu bisa membuat aplikasi yang akan mempertemukan para petani dengan konsumennya, sehingga kedua belah pihak akan saling menguntungkan. Dan kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari jasa sebagai penyedia aplikasi.

  1. Sektor Logistics

Dengan menjamurnya bisnis online di pelosok Indonesia tentu akan berimbas juga terhadap perusahaan logistics dan expedisi, hal ini di akibatkan banyak konsumen yang lebih memilih belanja menggunakan aplikasi atau e commerce yang tinggal klk dan transfer tanpa harus pergi ke toko tersebut.

Dengan perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya berbelanja dengan mendatangi pusat perbelanjaan menjadi hanya lewat online pasti akan meningkatkan jumlah pengiriman lewat perusahaan-perusahaan logistics.

Kamu bisa memulainya dengan menjadi waralaba (franchise) dari perusahaan logistics yang sudah ada seperti POS, TIKI, JNE dan sebagainya. Karena usaha ini memiliki potensi yang bagus selama internet masih terus ada dan berkembang.

BACA JUGA : Perbedaan Shared Hosting, VPS dan Dedicated Server

Itulah tadi 5 Sektor Bisnis Potensial Tahun 2018 di Indonesia. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi kamu yang akan memulai usaha di tahun 2018 ini.

Post Comment

%d bloggers like this: