Tutorial

8 cara efektif dalam menjual produk atau affiliates di bisnis online PART 1

Mahirbisnis.id – Sekarang saya lanjutkan dari postingan saya sebelumnya yaitu “Digital marketing sebuah cara terbaik dalam mempromosikan bisnis anda” dipostingan tersebut saya menjelaskan tentang  8 cara efektif bagaimana menjual produk di bisnis online. Baik sebelum saya membahasnya ada baiknya kita harus mempunyai produk terlebih dahulu yang akan kita pasarkan lewat online dan juga bagaimana mendatangkan traffic (pengunjung) ke dalam toko online kita.

Traffic (pengunjung) ke dalam toko online kita justru ini merupakan bagian terpentingnya, kalau di bisnis konvensional istilahnya kita harus mempunyai sales person atau team marketing untuk mempromosikan produk kita. Nah di toko online ini kita harus mempunyai promosi yang baik dan benar. Maksudnya “promosi yang Baik dan Benar” adalah produk kita harus kita promosikan dengan audience (konsumen) yang tertarget dan juga hal yang terpenting dan justru ini yang menjadi Soul (jiwa) di dalam mempromosikan produk itu sendiri secara online. Ya dengan Copywriting, atau menulis dengan kata-kata yang kuat sehingga benar-benar dapat menghipnotis calon konsumen dengan kata-kata yang membuat penasaran dan ingin membeli. Nanti tentang bahasan Copywriting akan bahas lebih lengkap di postingan berikutnya.

Kembali ke topik yang akan kita bahas, berikut  8 cara efektif dalam menjual produk atau affiliates di bisnis online:

  1. Web Authority

Web atau blog merupakan wadah, rumah ataupun industri dari bisnis kita. Web atau blog terdiri dari 2 bagian yang saling mengikat, yaitu Nama domain dan hosting. Nama domain dan hosting sangat penting di dalam membangun Web atau blog kita mengapa, karena dengan nama yang unik dan juga gampang diingat dapat membranding sendiri produk kita. Contoh mengapa Jack Ma memilih nama ALIBABA di Bisnisnya alasannya waktu Jack Ma mensurvey orang-orang di China semua orang mengenal nama ALIBABA dan ALIBABA mudah diingat serta dilafalkan itulah yang membuat Jack Ma memilih nama ALIBABA menjadi Brand perusahaannya.

Kemudian setelah kita memilih web atau blog yang sudah kita buat maka kita menentukan apa sih isi konten dari web atau blog kita, misal kita membuat niche tentang tour & travel maka bahasan di dalam web atau blog kita semuanya harus tentang tour & travel, kenapa karena  agar para pembaca ataupun pencari informasi tentang tour & travel dapat terfokus pada satu web atau blog. Beda kalau kita membuat blog “gado-gado” dimana artikelnya beragam jenis mulai dari olahraga, gossip, wisata, musik, berita dan lainnya pastinya artikel yang dibahas tidak sekomplit dengan hanya satu niche saja. Juga pembaca akan lebih senang membaca artikel di blog yang memang khusus untuk tema yang dia cari. Kemudian hal lainnya dengan kita memilih satu niche yang sesuai dengan passion kita maka kita akan mudah dan fokus dalam mencari informasi yang bermanfaat di dalam artikel web atau blog kita.

Dalam membangun Web atau Blog kita wajib menulis artikel yang asli dan stabil. Misalnya hari ini saya buat 10 artikel kemudian artikel berikutnya baru saya buat 4 hari kemudian maka itu tidak baik di mata google dan bisa-bisa web atau blog kita tidak akan tampil di page 1 google padahal untuk menjual produk, kita wajib menampilkan web atau blog kita tidak hanya di page 1 google tapi rank 1 google, lebih baik kita menulis setiap hari satu artikel tetapi stabil per harinya dibanding 10 artikel hari ini lalu 4 hari kemudian baru menulis artikel lagi. Artikel yang kita tulis harus asli dan informatif jangan copy paste begitu juga dengan gambar atau video yang akan kita masukkan ke web atau blob Wajib ASLI. Kenapa artikelnya harus asli karena kalau artike dan gambar asli maka Google akan dengan senang hati memberikan Rank 1 Search engine Google untuk web atau blog kita. Kalau web atau blog kita “Nangkring” di Rank 1 Google maka kita tidur nyenyak saja, konsumen yang akan menghubungi kita untuk membeli produk kita.

Kemudian yang terpenting di dalam web atau blog adalah SEO (Search Engine Optimations) setelah kita menulis artikel harus asli kita juga wajib istilahnya mendaftarkan web atau blog kita ke Google agar web atau blog kita tampil di Search Engine Google. Karena percuma saja kita menuliskan artikel yang banyak tapi tidak didaftarkan ke search engine google.

  1. Facebook Status

Saat ini facebook menjadi sosial media terbesar di jagad raya ini dengan total pengguna 1,9 Miliar orang di dunia. Dan di Indonesia sendiri penggunan Facebook mencapai angka 73 juta pengguna, sungguh angka yang fantastis bukan. Inilah yang dilirik para pengiklan baik dari perusahaan atau personal, karena dengan alogaritma yang dimiliki facebook pengiklan dapat dengan mudah menemukan Winning Campaign untuk memasarkan produknya.

Facebook status sendiri merupakan cara yang paling sederhana tetapi sangat ampuh untuk menjual produk kita. Banyak pebisnis online yang Closing jualan hanya dengan menggunakan facebook status. Tapi ingat saran saya jangan spam dan massive cukup sehari sekali saja, dan kalau bisa soft selling seperti contoh facebook status punya saya.

fbstatus
fbstatus

Jadi tunggu apalagi segera lakukan minimal sehari sekali dalam membuat facebook status

Untuk no 3 sampai no. 8 berlanjut ke postingan berikutnya

Untuk belajar seputar DIGITAL MARKETING segera daftar gratis di komunitas terbesar di Indonesia SB1M (Sekolah Bisnis 1 Milyar) silahkan klik gambar dibawah ini

Post Comment

%d bloggers like this: