Bisnis Info Bisnis

Bisnis Travel Muslim Harus Melek Digital

Mahirbisnis.id – Bisnis Travel Muslim Harus Melek Digital. Inilah tema yang diangkat koran Republika (22/2/2018).

Seberapa pentingnya bisnis travel beralih ke digital. Seperti yang dikatakan Bapak Slamet Riyanto (Kepala Operasional Republika Online (ROL)) :

Saat ini kita memasuki era digital dimana hampir setiap orang berinteraksi menggunakan internet.

Memanfaatkan internet bagi bisnis itu sangat baik apalagi bisnis yang digeluti itu adalah travel muslim, banyak travel agen yang menawarkan destinasi wisata halal tak ketinggalan juga dari luar negeri, kalau kita tidak segera bertransfomasi ke digital maka cepat atau lambat bisnis kita akan tergusur.

Karena itu seharusnya pelaku usaha travel dapat memanfaatkan peluang ini untuk memaksimalkan digital marketing melalui internet.

Dan untuk memaksimalkan digital marketing perlu memiliki website dan saat ini membuat website bukan lah hal yang susah, sudah banyak tutorial di youtube ataupun google yang membahasnya.

Selain itu dengan memiliki website kita akan diasah kemampuan dalam menulis, karena hanya dengan artikel maka website kita akan mudah ditemukan pencari informasi di mesin pencari google.

Dalam mengembangkan bisnis biro perjalanan tidak hanya mengandalkan sistem konvensional karena era tahun 90 an berbeda dengan era saat ini yang mengandalkan internet.

Selain itu untuk ber iklan di digital travel agen juga bisa memaksimalkan penjualan dengan memanfaatkan iklan di media sosial ataupun google.

Memanfaatkan internet bukan sekedar berbagi foto atau kegiatan tetapi juga memanfaatkan media sosial dan internet untuk pemasaran.

Masih menurut Bapak Priyadi “sebelum menjual produk. Website yang dimiliki biro perjalanan harus menarik. Tidak hanya berisi kegiatan perjalanan wisata tetapi juga mengenai kekhasan setiap destinasi wisata tersebut seperti kuliner atau budaya.

Memaksimalkan Digital Marketing

Menurut pakar digital marketing Alya Mirza mengatakan pentingnya travel muslim memaksimalkan digital marketing.

Pada umumnya biro perjalanan dan terkhususnya travel muslim masih mempromosikan produknya secara konvensional.

Menurut Alya pemasaran melalui dunia digital memiliki pangsa pasar yang luas, karena generasi mendatang akan semakin melek internet.

Alya juga mengemukakan penting bagi biro perjalanan muslim untuk memperluas pangsa pasar berikutnya. Dan untuk memaksimalkan di digital marketing harus memiliki website dan website yang dimiliki tidak hanya ala kadarnya akan tetapi harus profesional.

Travel harus harus bisa melakukan investasi lebih untuk sebuah website, website ibarat rumah jika ingin tamu betah maka kita harus membuat rumah senyaman mungkin

Website yang profesional harus secara rutin diperbaharui, mengisinya dengan konten-konten yang bermanfaat.

Menulis artikel yang bermanfaat dengan tulisan dan gambar yang original sehingga akan bagus di mata mesin pencarian seperti google, bing atau yahoo.

Disinilah website travel juga dijadikan dakwah melalui media, hal ini perlu diperhatikan bagi biro perjalanan wisata halal, umroh dan haji, terutama yang berada di zona nyaman, karena kedepannya harus ada pembaruan yang mengikuti perkembangan zaman. Terutama generasi milenials yang lebih banyak beraktifitas di dunia digital.

Saat ini jangan sampai travel muslim terbuai dengan banyaknya jamaah dan mengandalkan figur tokoh saja. Website saat ini dibutuhkan untuk mendongkrakan penjualan.

Digital marketing tidak hanya meningkatkan penjualan saja tetapi berfungsi sebagai ‘brand awarness” atau penguatan brand sehingga para calon konsumen yang beraelancar di dunia maya akan lebih mudah menemukan website kita dengan memaksimalkan brand awarness sebuah website.

Post Comment

%d bloggers like this: