Tutorial

Cara Membangun Toko Online Bagi Pemula Secara Efektif

Mahirbisnis.id – Cara Membangun Toko Online Bagi Pemula Secara Efektif. Saat ini smartphone dan internet adalah dua hal yang tak terpisahkan. Apalagi sudah merambah ke segala aspek dan usia dalam kehidupan di masyarakat.

Di era serba internet yang sudah menjadi kebutuhan di masyarakat tentunya juga akan berpengaruh kepada pola perilaku belanja konsumen. Saat ini para pembeli suatu produk dimudahkan dalam berbelanja. Dengan begitu banyaknya marketplace dan online shop juga akan menambah kemudahan bagi para konsumen.

Tentunya hal ini tidak akan menyurutkan kamu untuk memiliki atau baru akan memulai usaha toko online. Tenang saja walaupun banyaknya toko online yang sudah ada namun pasarnya pun tetap luas.

Hal ini terlihat dari data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017 bahwa pengguna internet di Indonesia sebanyak 143,26 juta jiwa dari total populasi penduduk 262 juta. Dimana 82% mencari produk menggunakan online. Dari data tersebut dapat menjadi acuan kamu dalam berbisnis melalui online.

Membuat toko online itu sangat mudah, bisa dengan membuat sendiri menggunakan platform gratis dengan woocommerce atau yang premium dengan menggunakan shoppify semuanya ada kelebihan dan kekurangannya.

Yang tersulit setelah kita memiliki toko online adalah mencari traffic atau pengunjung ke situs toko onlinr kita.

Rumus dasarnya seperti ini :

Website            ==>           Listing (product/articel)           ==>          Traffic             ==>           Sales

Namun untuk mencapai sales tidak semudah yang kita bayangkan, layaknya kamu memiliki toko konvensional (toko fisik) disebuah pinggir jalan, pasti hal agar menghasilkan penjualan yaitu dengan mendatangkan pengunjung. Begitu pula dengan toko online, setelah kita memiliki toko online hal yang perlu dilakukan dengan mendatangkan traffic.

Lalu caranya bagaimana                ? ada dua cara yaitu :

  1. Dengan mengiklankan website online shop kamu ke facebook atau google
  2. Dengan Tehnik Search Engine optimation (SEO) agar website kamu tampil di rank satu google atau halaman pertama google.

Kedua cara diatas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Untuk kelebihan dengan menggunakan cara 1 kamu akan dengan singkat mendapatkan penjualan, apalagi kalau kamu memiliki teknik copywriting dan split test iklan yang bagus maka penjualan dan traffic web online shop kamu akan cepat meningkat. Namun ada kelemahannya yaitu kamu akan mengeluarkan biaya untuk mengiklankan website kamu tersebut. Dan bisa saja kamu malah merugi karena penjualan yang dihasilkan tidak menutupi  biaya iklan yang sudah kamu keluarkan.

Kalau kamu menggunakan cara dua dengan menggunakan SEO kelebihannya kamu tidak begitu besar dalam mengeluarkan biaya untuk belanja iklan, kamu cukup rajin menulis artikel yang bermanfaat dan berguna dengan pembahasan sesuai dengan tema toko online kamu. Namun kekurangannya kamu harus bersabar karena traffic yang akan berkunjung ke toko online kamu agak lama. Maka disini kamu harus rajin menulis artikel dan kalau kamu mengerti teknik backlink lebih bagus lagi dalam meningkatkan peringkat online shop kamu di mesin pencarian google.

Baca Juga : Cara Efektif dalam Menjual Produk Affiliate di Bisnis Online

Lalu bagaimana caranya agar sukses dengan toko online yang kamu miliki?

Berikut ada 5 tips dasar bagaimana Cara Membangun Toko Online Bagi Pemula yang efektif :

 

  1. Tentukan terget yang dicapai

Semua bisnis sebelum berjalan wajib memiliki target atau pencapaian. Hal ini diperlukan agar apa yang akan kita kerjakan tidak berlari kesana kemari dan tetap fokus.

Banyak bisnis yang dari awalnya dibangun hanya sekedar punya karena ingin membuka usaha atau tertarik mengikuti bisnis orang lain yang sudah sukses. Akan tetapi mereka tidak memiliki target yang akan dituju.

Kamu harus menentukan akan jadi apa kedepannya bisnis online kamu. Kamu buat visi dan misi satu tahun kedepan, dua tahun kedepan atau sampai 5  tahun kedepan. Hal ini agar bisa menjadi evaluasi kamu di tahun berikutnya. Apabila bisnis kamu lancar maka kamu bisa menambahkan target yang akan dicapai di tahun depannya lagi. Akan tetapi kalau bisnis kamu tidak berjalan sesuai target maka kamu dapat mengambil strategi yang efektif atau merefisi target yang sudah kamu kerjakan.

Tentukan target penjualan kamu di tahun awal tapi yang realistis ya, misalnya kamu targetkan penjualan kamu perbualan Rp. 50 juta begitupun dengan perkembangan bisnis kamu.

  1. Buat team

Buat team sesuai dengan produk apa yang akan kamu pasarkan melalui online. Biasa team di toko onlin tidak sebanyak di toko offline.

Misalnya kamu membutuhkan tenaga website support, CS (customer service) untuk menghandel produk, bagian admin untuk merekap produk yang tersedia dan yang terjual dan bagian gudang untuk packing produk dan mengirim ke paket pengiriman.

Kalau produknya kamu produksi sendiri maka kamu harus memiliki bagian produksi.

  1. Buat aturan dan SOP

Walaupun bisnis online kamu belum besar tapi kamu wajib membuat peraturan dan SOP (Standard dan Operasional Prosedur). Kamu harus membuat job desk masing-masing bagian team kamu dan harus memiliki tanggung jawab atas pekerjaan yang di bidangnya, misalnya follow up prospek, bagian untuk mengembangkan website dan iklan.

Buat juga target salesnya seperti apa, berikan rewards dan punishment.

Inti dari kamu membuat SOP ini agar kamu bisa membuat sistem berjalan dengan sendirinya tanpa kamu harus berada di kantor untuk mengawasi mereka. Biarkan sistem yang bekerja. Dan kamu bisa memikirkan peluang selanjutnya yang akan kamu ambil.

  1. Marketing

Semuanya tentang penjualan. Hal teknis tadi diatas kalau kamu tidak memiliki marketing yang handal maka akan sia-sia. Kalau di online, strategi pemasaran kamu dengan menggunakan optimasi wesite atau kata kunci dari produk kamu dan juga dengan cara iklan di media sosial dan mesin pencaria seperti google.

Kamu harus segera upgride diri kamu dengan mempelajari bagaiman caranya membuat website yang efektif dan juga kamu harus memiliki pengetahuan bagaimana cara iklan di facebook dan google yang efektif agar tidak boncos (rugi).

Kalau kamu masih mencari tempat yang bagus untuk belajar ilmu seputar dunia online kamu bisa belajar di Sekolah digital marketing SB1M.

 Sekolah Digital Marketing di JakartaBaca Juga :

  1. Berdoa dan sedekah

Jangan lupa untuk selalu beribadah dan berdoa dan juga harus bersedekah walau disaat susah dan senang karena yang menentukan kita sukses atau tidak hanyalah ALLAH SWT.

Demikian tadi bagaimana Cara Membangun Toko Online Bagi Pemula Secara Efektif semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. terimakasih

Post Comment

%d bloggers like this: