Berita

Daftar usaha offline yang tidak tergerus dengan keberadaan online

Mahirbisnis.id – daftar usaha offline yang tidak tergerus dengan keberadaan online. Di periode awal tahun 2000 an internet mulai semakin menjadi kebutuhan walau saat itu masih sebatas media sosial saja, sebut saja dulu ada yang namanya Friendster, MIRC, bolehmail, dan banyak lagi namun setelah memasuki pertengahan tahun 2000 an mulai menjadi kancah dunia maya semakin mengambil alih dunia nyata, sebut saja kemunculan media sosial yang sangat fenomenal Facebook media berbagi video Youtube dan banyak lagi media chating seperti BBM (Blackberry Messenger), Snaphat, Wechat, Whatsapps dan sebagainya. Apalagi mulai berkembang pesatnya e-commerce raksasa seperti Amazon, Ebay, Alibaba yang semakin memudahkan konsumen untuk berbelanja di dunia maya. Hal ini pun diikuti di Indonesia dengan banyak sekali e commerce dalam negeri seperti tokopedia, bukalapak, qlapa, prelo dan lain-lain. Tentu hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknolgi dalam hal jaringan internet yang semakin cepat dan murah.  Hal ini juga diikuti dengan perkembangan handphone pintar yang semakin canggih dan harganya relatif murah maka tidak dipungkiri lagi dunia internet semakin merajai di segala sisi kehidupan, mulai dari gaya hidup, sosial, budaya, politik bahkan perilaku konsumtifpun tidak terlepas dari pengaruh internet. Maka dengan semakin pesatnya perkembangan internet banyak pengusaha yang mulai membuat marketplace dan juga online shop untuk memasarkan produknya.

Tapi seiring dengan berkembang pesatnya dunia usaha di online tidak berarti bayak usaha konvensional yang berguguran walaupun dampaknya sangat besar bagi dunia bisnis offline. Ada beberapa usaha offline yang tidak tergerus, malah ada yang menambah jaringan dan cabang sebut saja Handphone OPPO dan VIVO, manajemennya malah menambah cabang dan jaringan karena mereka berkeyakinan bahwa para pembeli ponsel dan paket data lebih senang datang ke toko fisik dibanding online.

Oke langsung saja berikut 8 daftar usaha offline yang tidak tergerus dengan keberadaan online :

  1. Usaha tambal ban

Usaha tambal ban sungguh sangat membantu dan sepertinya sampai kapanpun tidak akan tergerus dengan waktu dan online kecuali ban mobil terbuat dari besi nantinya.

  1. Warung Kelontong

Warung Kelontong pinggir jalan sangat membantu juga apabila malam hari kita hendak membeli cemilan atau kopi.

  1. Warung indomie

Siapa sih yang gak suka mie buatan abang indomie dengan potongan sayuran sawi dan cabe rawit yang nikmat menggoda tentu usaha ini juga tidak akan tergusur oelh keberadaan dunia online.

  1. Penjual ikan dan aquarium

Ini juga tidak akan tergeser dengan usaha online, karena orang lebih suka melihat dan menikmati ikan terlebih dahulu baru membelinya.

  1. Warung pulsa dan paket data

Walaupun saat ini pembelian pulsa sudah banyak di online tetapi untuk nominal dibawah Rp. 25 ribu orang0orang masih mengandalkan warung pulsa begitupun dengan paket data internetnya banyak juga yang senang membeli langsung ke toko fisik dibanding online.

  1. Cafe dan restoran

Orang senang datang langsung ke cafe ataupun restoran sambil berbincang dengan rekan, kekasih ataupun kerabat, sehingga tidak akan tergerus dengan keberadaan online.

  1. Sekolah

Sekolah tetap menjadi salah satu usaha yang tidak akan tergantikan walau homeschoolling juga banyak yang menggunakan tapi tetap sekolah umum tidak bisa digantkan karena para orang tua lebih senang anaknya berkomunikasi dan bersosialisasi.

  1. Rumah sakit

Sudah pasti usaha yang satu ini tak akan tergantikan oleh online karena peralatan dan laboratorium di rumah sakit yang tak mudah dibawa kemana-mana.

Oke itu tadi 8 usaha offline yang tidak akan berpengaruh terhadap gemerlapnya dunia online. Tapi peluang di usaha online sangat besar so jangan ragu untuk memulai usaha online ya guys karena pada prinsipnya di dunia online kamu untuk menjadi kaya raya tidak perlu modal besar, tempat yang strategis dan hal teknis lainnya, tapi kamu hanya butuh informasi dan ketekunan, karena yang mempunyai informasilah yang akan menguasai jagad online.

Post Comment

%d bloggers like this: