Berita

Konsistensi dalam Membangun Sebuah Brand Untuk Bisnis Online

Mahirbisnis.id – Konsistensi dalam Membangun Sebuah Brand Untuk Bisnis Online. Pemilihan brand yang tepat untuk sebuah bisnis amatlah penting apalagi di era digital sekarang ini. Pemilihan brand yang tepat akan menjadikan sebuah identitas yang kuat bagi para konsumen sebuah bisnis.

Di tengah maraknya bisnis online dan lesunya perdagangan offline tentunya akan membuat pemilik bisnis semakin kreatif untuk meningkatkan penjualan, apalagi bisnis tersebut masih berjalan tidak terstruktur dan tidak konsisten.

Hal ini tentu akan membuat semakin sulit untuk bersaing secara efektif demi meningkatkan omset dan keuntungan. Kalau kamu masih belum memiliki brand atau masih menjual brand punya orang lain maka secepatnya kamu harus memiliki brand sendiri.

Baca Juga : Cara Membangun Toko Online Bagi Pemula Secara Efektif

Banyaknya marketplace yang besar-besar tentu semakin mempersulit bisnis yang belum memiliki brand. Maka sebuah brand akan sangat diperlukan sebagai identitas dan pengakuan dari bisnis kamu.

Kalau kamu ingin konsisten dan berpenghasilan secara continue di bisnis online maka membangun sebuah brand amatlah penting, dan juga harus dibutuhkan konsistensi yang terus dan nyata dalam membangun dan mempertahankan brand yang sudah kamu buat tersebut.

Tidak hanya asal membuat brand kemudian selesai tanpa adanya konsisten dan ketekunan. Karena hal yang paling sulit dalam membangun sebuah brand adalah memperkenalkan kepada calon pembeli.

Anggap saja bisnis kamu bergerak di bidang fashion dan kamu sudah memiliki brand sendiri dengan produk baju dan jaket, maka hal yang kamu lakukan adalah memperkenalkan brand kamu ke calon konsumen, gunakan metode digital marketing untuk mempromosikan brand kamu. Karena menurut data APJII total pengguna internet di Indonesia mencapai 140 Juta lebih pengguna dimana 80% nya berbelanja produk lewat online, sungguh potensi bisnis yang sangat besar.

Buatlah akun media sosial dan gunakan pula media sosial uuntuk berpromosi seperti facebook, instagram dan youtube, selain itu kamu harus memperkuat brand kamu dengan memiliki sebuah website dengan nama domain brand kamu tersebut. karena dengan memiliki website para calon konsumen kamu akan dengan mudah menemukan produk kamu.

Dan dengan memiliki sebuah website kamu tentu bisa memaksimalkan metode Search Engine Optimation (SEO) untuk tampil di halaman satu atau rangking satu google. Apabila kamu sudah bisa menempatkan alamat website kamu di rangking satu google maka otomatis omset penjualan kamu akan meningkat.

Gambaran singkatnya begini, produk yang akan kamu jual yaitu baju dan jaket, maka promosi di media sosial seperti facebook, instagram, google adword dan youtube yang mentarget ke para konsumen fashion dan enaknya lagi selain kamu membranding merek kamu, kamu juga akan mendapatkan data orang-orang yang tertarik ke produk kamu yang nantinya bisa kamu gunakan kembali menjadi target market kamu.

Kalau kamu belum bisa cara berpromosi di media sosial tersebut belajarlah melalui website atau youtube atau juga bisa bergabung dengan komunitas digital marketing yang bagus. Hal ini agar apa yang kamu mulai dapat dengan mudah dan terstruktur dalam memasarkan produk kamu.

Kemudian setelah berpromosi lewat media sosial, kamu juga secara konsisten merawat dan mempromosikan website kamu lewat metode SEO tadi, bisa lewat organik ataupun promosi berbayar, sehingga website kamu bisa tampil di halaman 1 atau rangking 1 di mesin pencari, sehingga calon pembeli akan lebih memilih website yang berada di halaman 1 ataupun rangking 1.

Apabila dalam membangun brand kamu itu masih belum berpenghasilan atau masih belum mencapai target penjualan maka kuncinya adalah sabar dan konsisten, jangan putus asa dan menyerah karena di bisnis online ini tidak bisa membangun dalam waktu singkat, kamu harus rajin dalam mengoptimalkan website dan media sosial kamu, kumpulkan database (kolam) calon konsumen kamu bisa di buat grup whatsapp ataupun grup di facebook. Sehingga memudahkan kembali untuk menginformasikan produk kamu dengan penawaran yang menarik seperti bonus ataupun diskon.

Dengan sebuah konsistensi dan ketekunan tentu tidak lupa juga dengan ibadah dan berdoa kepadaNya maka bisnis kamu akan mulai meningkat omset dan keuntungannya, jadi jang pernah putus asa dan menyerah dalam membangun sebuah brand, tetap semangat dan selalu konsisten.

Post Comment

%d bloggers like this: