Bisnis

Pentingnya Memiliki Website Untuk Meraih Pasar ZMOT

Mahirbisnis.id – Pentingnya Memiliki Website Untuk Meraih Pasar ZMOT. Apa itu ZMOT, kalau kalian ingin membeli sebuah produk pasti terlebih dahulu yang kalian lakukan adalah mencari tahu mengenai produk tersebut dari online, kalian akan browsing terlebih dahulu untuk mencari informasinya seperti keunggulan, spesifikasi, cara penggunaan atau harganya, itulah metode ZMOT.

Hal itu tentu sudah menjadi hal yang lumrah di era digital saat ini, apalagi sejak memasuki era revolusi industri ke empat, semua informasi dan rekam jejak digital akan sangat mudah ditemukan untuk sekedar mencari informasinya.

Hal ini yang dinamakan Zero Moment of Truth (ZMOT), kalau kalian mengerti metode ZMOT maka dipastikan kalian akan berhasil di Bisnis zaman now.

Forbes telah melakukan riset mengenai perilaku belanja produk era sekarang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh The ROBO (Research Online Buy Offline) Economy yang menyatakan bahwa 82% pengguna Smartphone mencari referensi melalui mesin pencari, seperti Google, Bing dan Yahoo sebelum membeli barang, 45% diantaranya membaca review. Momen pencarian di internet ini ternyata membawa pengaruh besar atas keputusan seseorang membeli barang. Oleh Google, momen ini dipopulerkan dengan sebutan Zero Moment of Truth (ZMOT).

Pola ZMOT adalah merebut pangsa pasar dengan memaksimalkan mesin pencarian atau istilahnya Search Engine Optimation (SEO). Para pengusaha berhasrat untuk meraih pasar ZMOT dengan mengoptimalkan segala sumber daya onlinenya. mereka percaya dengan memenangkan permainan ZMOT adalah kunci keberhasilan marketing di era digital, segala traffic akan dioptimalkan, seperti website, google bisnisku, media sosial, youtube, whatsapp story, media buying, google ads dan facebook ads.

Sebelum era online kita mengenal yang namanya FMOT atau First Moment of Truth, yaitu ketika orang hendak belanja produk, dia mendatangi toko dan mendengar penjelasan dari sales yang menawarkan produknya sehingga tertarik untuk membeli, dan ketika dia sudah membeli dan menggunakannya maka dinamakan Second Moment of Truth (SMOT).

Sekarang di era online sudah merajalela dengan pengguna aktif di Indonesia saja pada tahun 2017 sebanyak 143 juta lebih pengguna maka ada namanya ZMOT.

ZMOT menghadirkan fenomena baru dalam berbelanja. Di dalam momentum ini, konsumen biasanya menggali sebanyak-banyaknya informasi tentang barang yang ingin dibeli, seperti harga barang, spesifikasi, kualitas, review, hingga toko terdekat yang menjualnya.

Mereka mencari toko yang menjualnya melalui online, bahkan hingga membandingkan dengan harga di toko lainnya. Seperti misalnya kalau hendak membeli sebuah kamera mirrorless tentu berbagai merk dan type untuk kelas yang sama akan kalian riset terlebih dahulu sebelum membelinya.

ThinkwithGoogle menginformasikan bahwa 42% orang melakukan pencarian online ketika mengunjungi toko dan 64% diantaranya menggunakan bantuan mesin pencari, 46% lainnya mengunjungi langsung website atau aplikasi toko. Mereka biasanya menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk yang akan dibelinya. Misalnya “Kamera mirorless Fuji film XA10” atau “perbandingan Canon EOS M10 dan Fujifilm XA10”.

Hal ini menunjukkan bahwa memiliki bisnis dengan mengaplikasikannya di dunia digital menjadi hal yang wajib, kalau tidak maka bisnis kalian tidak akan mengikuti era saat ini dan bahkan bisa mengalami sepi penjualan.

Pentingnya Memiliki Website Untuk Meraih Pasar ZMOT

Kalian harus memiliki media untuk menghasilkan penjualan melalui online seperti: Website, Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp Story. bahkan kalian juga mulai beriklan di digital seperti Google Ads (dahulu bernama google adword), facebook Ads dan media buying.

Baca Juga : Digital marketing membuka peluang usaha baru di bisnis online

Pahami pola memaksimalkan website melalui SEO dan SEM. Kuasai juga teknologi bagaimana website kalian cepat diakses, pelajari juga copywriting dan funneling agar bisa menjangkau pelanggan baru dan diversikasi produk. Dengan mengerti semua metode tersebut maka maka memperkuat kehadiran online sebuah brand atau produk.

Saat ini pelaku UMKM yang melek online baru 3,97 juta dari total 60 juta pengusaha UMKM, hal ini tentunya sangat berbanding kecil sekali dengan pembeli atau konsumen yang lebih senang berbelanja secara online ketimbang datang langsung ke toko. Maka di harapkan para pelaku usaha untuk menghadirkan bisnisnya di online.

Untuk pembuatan website sangat mudah ditemukan tutorialnya dan sudah banyak tersedia hosting, domain, dan server murah untuk memulai membuat website. Pentingnya Memiliki Website Untuk Meraih Pasar ZMOT

Baca Juga : Tutorial membuat website yang keren dalam waktu 7 menit

Mari kita ambil langkah cepat untuk memanfaatkan momentum ZMOT untuk meningkatkan penjualan dan melebarkan sayap ke seluruh dunia. Media online adalah jendela dunia, siapa yang menguasai informasi maka dia akan mengapai hasil yang sempurna.

Pentingnya Memiliki Website Untuk Meraih Pasar ZMOT

Majulah UMKM Indonesia
Go Online
Go UMKM
Go Digital

Post Comment

%d bloggers like this: