Berita

Sisi Lain Kesuksesan The Beatles Dalam Membangun Bisnis

Mahirbisnis.id – Sisi Lain Kesuksesan The Beatles Dalam Membangun Bisnis. Siapa yang tidak kenal dengan musisi grup band legendaris asal Liverpool, Inggris. Kalau orang menyebut nama kota Liverpool pasti ingatnya hanya dua: pertama klub sepakbola premier league LIVERPOOL dan THE BEATLES. Kali ini mabis akan membicarakan kesuksesan The Beatles yang tidak hanya sukses sebagai musisi tetapi juga sukses sebagai pebisnis. The Beatles yang beranggotakan 4 personel multi talenta, jenius, inspiratif dan kreatif juga tidak hanya sebagai pioneer musik dunia yang menjadi kiblat jutaan musisi dunia tetapi juga sukses dalam membangun bisnis musiknya yang merevolusi musik dunia sehingga banyak ditiru dan menjadi panutan dalam menjalankan bisnis di berbagai bidang. Di sini Mabis tidak akan membahas sejarah berdirinya band tersebut sampai bubarnya, itu sudah banyak artikel yang menulisnya, kali ini yang akan mabis bahas adalah kesuksesan The Beatles dalam menjalankan Industri bisnisnya yang sampai saat ini masih eksis.

BACA JUGA : Profesi Internet Marketer yang Menjanjikan

The Beatles yang beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Star ini tidak hanya mahir dalam bermain musik saja tetapi 4 personel tersebut juga merupakan sosok arranger, penyanyi, pencipta lagu bahkan menjadi trendselter yang menjual Hingga saat ini. Masing-masing personel memiliki talentanya itulah mengapa membuat musik The Beatles kaya akan instrumen yang indah dan jenis musik yang beragam, mereka tidak berpatokan pada satu jenis musik. Di lagu-lagu mereka semua jenis musik ada mulai dari pop, jazz, hip-hop, rock, alternative, punk, hardcore, R&B, soul, blues, folk, country dan hampir semua jenis musik di lagunya The Beatles ada.

The Beatles pulalah yang menjadi Inspirasi bagi Steve Jobs (Pendiri Apple InCorp) dalam membangun bisnisnya, nama bisnisnya pun sama dengan label musik milik The Beatles yaitu Apple Corp. Steve jobs selalu meniru cara The Beatles dalam berbisnis dan diterapkan dengan bisnis applenya, setiap Steve jobs memperkenalkan produk apple pasti lagu The Beatles diputar sebagai contoh. Kemudian ada MTV yang ada karena The Beatles, MTV timbul ide untuk memiliki stasiun televisi khusus musik karena melihat dari video klip (Promo Film) yang di buat The Beatles yang juga pertama kali di dunia video klip dibuat oleh musisi.

The Beatle 1969
The Beatle 1969

Sekarang kita bahas mengapa The Beatles begitu sukses dalam membangun Industri musiknya yang masih “menghasilkan” sampai saat ini. Sebelum era The Beatles industri musik itu sangat-sangat besar, banyak orang yang bekerja di dalamnya sehingga tidak efisien dalam menjalankan bisnis. Sebut saja Elvis Presley, The Everly Brother, Marlyn Monroe, Frank Sinatra dan banyak lagi mereka berada di dalam industri yang sangat besar, dimana pencipta lagu, arranger, pemain musik dan penari latarnya adalah orang yang berbeda, lalu munculah The Beatles dengan hanya beranggotakan 4 orang yang mempersempit industri musik yang tadinya terdiri dari bayak orang dan menguasai semua bidang dan sukses. Disini kita belajar efektif dan effisien dalam menjalankan bisnis.

Sebenarnya hal utama dalam kesuksesan The Beatles adalah mereka mampu menjaga loyalitas penggemar mereka dan belajar dari kesalahan. Mereka bisa menciptakan musik yang sampai saat ini suaranya masih bagus tidak seperti musik lain tahun 60’an yang terdengar usang, tapi musik The Beatles masih enak didengar dan musiknya pun masih pas dengan era millenials saat ini sehingga The Beatles mampu menarik penggemar-penggemar baru yang masih belia di era millenias saat ini. Album-album rilisan ulang mereka masih laris terjual, bahkan hanya untuk versi games The Beatles orang-orang pada rela antri berhari-hari untuk mendapatkannya.

Kesuksesan The Beatles bisa dari kontroversinya juga, sebut saja kesombongan John Lennon yang membandingkan The Beatles dengan Jesus Christ, ada juga Ringo Star sang entertain sejati yang membuat humor dan aktor yang bisa membuat penggemar The Beatles mabuk kepayan, ada lagi George Harrison yang memiliki insting mengarrasemen lagu menjadi sebuah musik yang enak di dengar dan juga Paul Mccartney seorang yang multi talenta yang mampu menjaga keutuhan The Beatles saat mereka sudah mulai jenuh dan juga Paul Mccartney lah yang merubah strategi bisnis dari The Beatles yang sudah di ujung tanduk menjadi bernilai.

The Beatles dalam menghasilkan karya musiknya tidak main-main mereka benar-benar totalitas dalam rekaman album, ada sampai rekaman satu lagu di ulang-ulang sampai ratusan kali take demi mendapat hasil yang maksimal. The Beatles juga menggunakan teknologi yang paling canggih pada masanya sebut saja album Masterpiece mereka Sgt. Pepper lonely Heart Club Band dan Abbey Road yang masih laku dan enak didengar sampai saat ini. Begitu juga dalam menjalankan bisnis kita wajib totalitas dan produk yang dijual pun harus bagus dan kemasannya menarik agar dapat menjarig konsumen yang loyal sepanjang masa.

Rahasia Kesuksesan dari The Beatles adalah bisnis musiknya yang mampu mempertahankan loyalitas penggemarnya dan juga menambah penggemar-penggemar baru yang masih belia.

The Beatles adalah grup band terbaik sepanjang masa dengan penjualan diatas 1 milyar album, dengan ke jeniusan 4 personelnya (fab Four)  mereka mampu mengubah dunia dan menguasai dunia dalam waktu singkat. Bahkan cover lagu dari musik mereka paling banyak di bawakan musisi dunia. Mari kita belajar dari kesuksesan The Beatles, bahkan sampai mereka bubar pun album mereka laris dunduh di i tunes, dan hal yang dijual bertemakan The Beatles pasti laku, kita lihat kaos, poster, jaket, alat musik, mini figure pasti menjadi incaran penggemarnya.

Mereka Berhasil Meraih Kesuksesan dalam waktu singkat hanya sekitar 8 tahun dari tahun 1962 sampai 1970 dan kesuksesannya dapat dinikmati sampai saat ini.

Post Comment

%d bloggers like this: