Bisnis Peluang Bisnis

Tips Memulai Bisnis Kontrakan Untuk Pemula

Mahirbisnis.id – Tips Memulai Bisnis Kontrakan Untuk Pemula. Bisnis property memang sedang marak di Indonesia, hal ini dikarenakan kebutuhan orang akan tempat tinggal semakin banyak, sementara jumlah hunian terbatas.

Data dari Pamerintah pada tahun 2014 menunjukkan masih adanya 15 juta orang yang membutuhkan tempat tinggal.

Baca juga : Peluang Bisnis Jasa Foto Produk Online

Hal ini lah banyak mendorong para pebisnis baik perorangan atau perusahaan mulai membangun bisnis property tersebut.

Ruko Di Kontrakan
Ruko Di Kontrakan

Banyak promo yang ditawarkan, mulai bunga KPR murah, tanpa DP bahkan ada hadiah langsung yang menarik.

Dalam memulai bisnis property harus juga memperhatikan lokasinya, aksesnya dan juga ruang penyangganya, bagaimana property tersebut memiliki tempat yang strategis seperti dekat dengan sekolah, rumah sakit, ruang publik dan juga akses jalan tol atau stasiun commuter.

Bagi kamu yang bingung untuk menginvestasikan dana kamu ke bisnis apa, tidak ada salahnya kamu mencoba bisnis property dalam hal ini investasi rumah kontrakan.

Kamu bisa memperoleh passive income baik secara periode bulanan atau tahunan.

Ruko Di Kontrakan
Ruko Di Kontrakan

Memang sangat menguntungkan apabila memiliki perkantoran atau ruko yang disewakan, akan tetapi kalau modal kamu belum cukup, lebih baik dimulai dulu dalam skala yang lebih kecil yaitu rumah kontrakan untuk tempat tinggal.

Hal ini lebih realistis jika kamu baru akan memulai bisnis kontrakan. Karena masih banyak orang yang belum dapat memenuhi kebutuhan primer tersebut dan biasanya mereka memilih tempat tinggal sementara seperti kos-kosan atau rumah kontrakan.

Selain itu permintaan akan rumah yang terus-menerus meningkat setiap tahun akan menambah value dari investasi yang sudah kamu keluarkan untuk bisnis kontrakan tersebut.

Kos-Kosan
Kos-Kosan

Lalu bagaimana sih memulai bisnis kontrakan untuk pemula? Oke berikut penjelasannya :

1. Cari dekat dengan kawasan Industri

Mulailah dari awal mencari lokasi strategis yang dekat dengan kawasan industri di pinggiran kota, cari yang aksesnya mudah untuk menuju ke kawasan industri tersebut.

Disini target kamu adalah para pekerja di kawasan industri tersebut, tentunya mereka akan memilih yang lokasinya mudah untuk ditempati, seperti ada bus atau angkot, atau juga banyak moda trasportasi online lainnya.

2. Cari lokasi ke daerah penyangga Jakarta yang potensial

Cari lokasi yang akan berkembang 3 tahun atau 5 tahun mendatang, kamu harus bisa prediksikan apakah lokasi tersebut akan berkembang nantinya.

Memang disini ada resikonya kalau tidak berkembang malah akan merugikan. Makanya kamu harus bisa menemukan lokasi yang aksesnya mudah untuk di tinggali. Seperti daerah penyangga Cikarang, bekasi, Citayam, Bojong gede dan Cileubut. Karena selain harga tanahnya masih relatif tidak mahal dan juga invetasi jangka panjangnya yang akan meningkat dari tahun ke tahun.

3. Desain bangunan dan tata ruang

Selain dua hal di atas tadi, hal lain yang tidak kalah penting adalah desain bangunan kontrakan. Desain yang unik, indah dan elegan tentu akan menambah nilai yang lebih bagi para penyewa kontrakan.

Desain dan tata ruang kontrakan tidak harus luas tapi juga harus diperhatikan penerangan, sirkulasi udara dan langit-langit yang tinggi, sehingga akan menambah nilai plus rumah kontrakan kamu.

4. Ketersediaan air bersih

Ini sebenarnya masalah klasik yang dialami pemilik kontrakan, yaitu masalah air, karena kalau air di kontrakan kamu tidak bagus tentu akan membuat penyewa tersebut tidak betah dan turn over keluar masuknya tinggi.

Maka dari itu kamu harus perhatikan betul kondisi air dan ketersediaan air di rumah kontrakan kamu.

5. Harga sewa yang kompetitif

Sebelum kamu menentukan harga sewa rumah kontrakan milik kamu, ada baiknya terlebih dahulu melakukan suvey harga, berapa sih kisaran harga untuk sewa kontrakan di daerah sekitar kamu.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak salah dalam mengambil keputusan. Apabila harga sewa yang tinggi tentu akan membuat si penyewa berpaling ketempat lain, atau apabila harganya tarlalu murah maka akan membuat kamu merugi.

Itulah tadi Tips Memulai Bisnis Kontrakan Untuk Pemula, semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi kamu yang akan memulai bisnis kontrakan.

Post Comment

%d bloggers like this: